Kamis, 11 Juni 2015

Cabang Ilmu Teknik Sipil





Teknik Sipil adalah salah satu ilmu teknik yang mempelajari tentang bagaimana merancang, membangun, merenovasi tidak hanya gedung dan infrastruktur, tetapi juga mencakup lingkungan untuk kesejahteraan hidup manusia.

Cabang ilmu dari teknik sipil itu sendiri yaitu,
Struktural, Geoteknik, Manajemen Kontruksi, Hidrologi, Transportasi, dll. Disini saya akan coba menjelaskan 5 cabang ilmu dari Teknik Sipil. Pertama, Struktural merupakan cabang yang mempelajari tentang struktur dan sifat bahan yang digunakan saat pembangunan dan pengembangan struktur bangunan, jembatan, terowongan dari pembangunan pondasi sampai bangunan siap digunakan. Kedua, Geoteknik adalah cabang yang mempelajari tentang struktur tanah atau batuan yang menopang bangunan diatasnya. Ketiga, Manajemen Kontruksi adalah cabang yang mempelajari masalah proyek kontruksi yang berkaitan dengan ekonomi. Keempat, Hidrologi adalah cabang yang mempelajari tentang cara memanfaatkan air untuk distribusi dan pengendaliannya, contoh : cuaca, curah hujan, debit air, sifat air, dll. Dan yang kelima, Transportasi adalah cabang yang mempelajari struktur jalan, jembatan, bandar udara yang akan dilewati oleh kendaraan.

Keunggulan dari Teknik Sipil ialah keluasan cabang yang membuatnya fleksibel dalam dunia kerja. Profesi yang didapat dari seorang ahli bidang ini antara lain: perancangan/pelaksana pembangunan/pemeliharaan prasarana jalan, jembatan, terowongan, gedung, bandar udara, lalu lintas (darat, laut, udara), sistem jaringan kanal, drainase, irigasi, perumahan, gedung, minimalisasi kerugian gempa, perlindungan lingkungan, penyediaan air bersih, survey lahan, konsep finansial dari proyek, dan manajemen projek. 

Contoh aplikasi Teknik Sipil di Indonesia :
  • Jalur Busway
  • Bandara
  • Fly Over (jembatan layang)
  • Gedung Bertingkat
  • Pelabuhan
  • Kontruksi Cakar Ayam

Sumber Materi : Wikipedia

Saya kira sekian yang bisa saya tuliskan dari pelajaran yang saya ambil dari internet. Mohon maaf bila ada salah yang disengaja maupun yang tidak disengaja.

Salam Penulis,


M. Ario Adhitio Suryanata Kusuma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar